Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (bahasa Inggris: Soekarno–Hatta International Airport) (IATA: CGK, ICAO: WIII) disingkat SHIA[7] atau Soetta atau Bandar Udara Cengkareng (bahasa Inggris: Cengkareng Airport) (dengan IATA penunjuk “CGK”), merupakan sebuah bandar udara utama yang melayani penerbangan untuk Jakarta, Indonesia. Bandar udara ini diberi nama sesuai dengan nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama. Nama populer dalam masyarakat adalah Bandara Cengkareng oleh karena berdekatan dengan wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, meskipun secara geografis berada di Kecamatan Benda, Kota Tangerang.

Bandara ini mulai beroperasi pada tanggal 1 Mei 1985, menggantikan Bandar Udara Kemayoran (penerbangan domestik) di Jakarta Pusat, dan Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Bandar Udara Kemayoran telah ditutup, sementara Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma masih beroperasi, melayani penerbangan charter dan militer. Terminal 2 dibuka pada tanggal 11 Mei 1992.

Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta memiliki luas 18 km², memiliki 2 landasan paralel yang dipisahkan oleh 2 taxiway sepanjang 2,4 km. Terdapat dua bangunan terminal utama: Terminal 1 untuk semua penerbangan domestik kecuali penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Terminal 2 melayani semua penerbangan internasional kecuali penerbangan Garuda.

Terminal 1 adalah terminal pertama yang dibangun, selesai pada tahun 1985. Terletak di sisi selatan bandara, di seberang Terminal 2. Terminal 1 memiliki 3 sub-terminal, masing-masing dilengkapi dengan 25 loket check-in, 5 loket bagasi dan 7 Gerbang. Ini memiliki kapasitas untuk menangani 9 juta penumpang per tahun. Setiap bangunan terminal dibagi menjadi 3 concourse. Terminal 1A, 1B, dan 1C. digunakan (kebanyakan) untuk penerbangan domestik oleh maskapai lokal. Terminal 1A melayani penerbangan oleh Lion Air (Kecuali Sumatra dan Bali), Dan Wings Air. Terminal 1B melayani penerbangan Lion Air (Khusus Sumatra Dan Bali). Sedangkan terminal 1C melayani penerbangan oleh Batik Air Domestik dan Citilink Domestik. Gerbang di Terminal 1 memiliki awalan A, B Dan C. Gerbangnya adalah A1-A7, B1-B7 dan C1-C7. Dalam rencana baru, Terminal 1 akan memiliki kapasitas meningkat menjadi 18 juta penumpang per tahun

SOETTA

Terminal 2D dan 2E digunakan untuk melayani semua penerbangan internasional kecuali Garuda Indonesia. Terminal 2D untuk semua maskapai asing yang dilayani oleh PT Jasa Angkasa Semesta, salah satu kru darat bandara. Terminal 2E dan 2F untuk penerbangan internasional untuk maskapai lokal.

Terminal 3 selesai dibangun pada tanggal 15 April 2009. Terminal 3 ini akan dipergunakan sementara oleh Maskapai penerbangan berbiaya murah. Saat ini ada 2 Maskapai penerbangan yang menggunakan Terminal 3 yaitu Indonesia AirAsia dan Mandala Airlines. Dan direncanakan dapat didarati pesawat model Airbus A380. SHIA melakukan pendaratan perdana pesawat A380 (SQ-232) pada tanggal 4 Mei 2012 walaupun status pendaratan sendiri adalah divert landing. Ketika penyelesaian Terminal 3 telah dibuka,seluruh penerbangan Garuda Indonesia akan berpindah ke Terminal 3 dan maskapai pengguna lama akan kembali tempat semula.

Bandar udara ini dirancang oleh arsitek Prancis Paul Andreu, yang juga merancang Bandar Udara Charles de Gaulle di Paris, Prancis. Salah satu karakteristik besar bandara ini adalah gaya arsitektur lokalnya, dan kebun tropis di antara lounge tempat tunggu.

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta memiliki 180 gerai lapor-masuk (check-in counter), 42 pengklaiman bagasi, dan 45 gerbang. Setiap sub-terminal (A-F, terminal 1-2) memiliki 25 gerai lapor-masuk, 5 pengklaiman bagasi (8 di 2D-2E) dan 7 gerbang. Terminal 3 memiliki 30 gerai lapor-masuk, 6 pengklaiman bagasi dan 3 gerbang.

PT Angkasa Pura II sedang merencanakan pembangunan terminal baru dengan fitur desain yang modern. Terdapat sebuah rencana besar untuk membangun 5 terminal penumpang + 1 terminal haji dan 4 landasan pacu. Bandar udara ini membebankan pajak sebesar Rp. 150.000 (US$15) untuk setiap penumpang internasional dan Rp. 40.000 (US$4) untuk setiap penumpang domestik.

Sejarah BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO–HATTA

Latar belakang

Antara 1928–1974, Bandar Udara Kemayoran yang ditujukan untuk penerbangan domestik dianggap terlalu dekat dengan basis militer Indonesia, Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Penerbangan sipil di area tersebut menjadi sempit, sementara lalu lintas udara meningkat cepat, yang mana mengancam lalu lintas internasional.

Pada awal 1970-an, dengan bantuan USAID, delapan lokasi potensial dianalisis untuk bandar udara internasional baru, yaitu Kemayoran, Malaka, Babakan, Jonggol, Halim, Curug, Tangerang Selatan, dan Tangerang Utara. Akhirnya, Tangerang Utara dipilih dan ditandai juga Jonggol dapat digunakan sebagai bandara alternatif. Sementara itu, pemerintah memulai upgrade terhadap Bandar Udara Halim Perdanakusumah untuk melayani penerbangan domestik.

Antara 1974-1975, sebuah konsorsium konsultan Kanada mencakup Aviation Planning Services Ltd., ACRESS International Ltd., dan Searle Wilbee Rowland (SWR), memenangi tender untuk proyek bandara baru. Pembelajaran dimulai pada 20 Februari 1974 dengan total biaya 1 juta Dolar Kanada. Proyek 1 tahun tersebut disetujui oleh mitra dari Indonesia yang diwakili oleh PT Konavi. Pada akhir Maret 1975, pembelajaran ini menyetujui rencana pembangunan 3 landasan pacu, jalan aspal, 3 bangunan terminal internasional, 3 terminal domestik, dan 1 terminal Haji. Terminal domestik bertingkat 3 dibangun antara 1975-1981 dengan biaya US$465 juta dan sebuah terminal domestik termasuk apron dari 1982-1985 dengan biaya US$126 juta. Sebuah proyek terminal baru, diberi nama Jakarta International Airport Cengkareng (kode: JIA-C), dimulai.

Statistik lalu lintas penumpang

Pada tahun 2009, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menempati posisi ke-22 bandara tersibuk di dunia. Semenjak tahun 2010, Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah bandara yang melayani penumpang terbanyak di Asia Tenggara dan menempati posisi ke-16 di dunia. Pada tahun 2011, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani penumpang terbanyak ke-4 di Asia setelah bandara di Beijing, Tokyo, dan Hongkong, serta menduduki ranking 12 di dunia.[8]

Terminal Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Bandara yang memiliki tanah seluas 18 km² ini memiliki 2 landasan pacu paralel utama masing-masing sepanjang 3,66 km yang terhubung oleh 2 taxiway silang. Ada 3 bangunan terminal utama yaitu; Terminal 1 (penerbangan domestik saja), Terminal 2 (penerbangan internasional dan penerbangan domestik), dan Terminal 3 Ultimate (Air Asia internasional , Citilink Internasional dan Garuda Indonesia semua rute). Ada juga terminal angkutan untuk kargo domestik dan kargo internasional.

Terminal 1 Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Terminal 1 adalah terminal pertama dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mengoperasikan penerbangan domestik kecuali Garuda Indonesia karena mereka mengoperasikan penerbangan domestik di Terminal 2. Terminal ini selesai pada tanggal:
1 Mei 1985; 34 tahun lalu
dan terletak sebelah selatan bandara, di seberang Terminal 2. Terminal ini memiliki 3 sub-terminal. Setiap sub-terminal memiliki 25 gerai lapor-masuk, 5 pengambilan bagasi, dan 7 gerbang. Gerbang di Terminal 1 memiliki awalan huruf AB, dan C. Gerbangnya adalah A1A7B1B7, dan C1C7. Saat ini Terminal 1 memiliki kapasitas sebesar 9 juta penumpang per tahun dan akan dikembangkan menjadi 18 juta penumpang per tahun.

Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Terminal yang selesai pada tanggal
11 Mei 1992; 27 tahun lalu
terletak di sisi utara bandara, berseberangan dengan Terminal 1. Terminal 2 memiliki 3 sub-terminal, masing-masing dilengkapi dengan 25 gerai lapor-masuk, 5 pengambilan bagasi (8 unit di subterminal D dan E), dan 7 gerbang. Gerbang di Terminal 2 memiliki awalan huruf DE, dan F. Gerbangnya adalah D1D7E1E7, dan F1F7. Saat ini Terminal 2 memiliki kapasitas sebesar 9 juta penumpang per tahun dan akan dikembangkan menjadi 19 juta penumpang per tahun.

Pada 28 November 2011, Garuda Indonesia dan Angkasa Pura II membuat nota kesepahaman tentang pengelolaan Terminal 2E dan 2F, yang akan hanya digunakan oleh Garuda Indonesia untuk mengantisipasi ASEAN Open Sky Policy pada tahun 2015. Terminal 2E akan digunakan untuk perjalanan internasional dan Terminal 2F untuk penerbangan domestik. Garuda Indonesia mengatakan bahwa ia akan berbagi menggunakan Terminal Internasional-nya dengan anggota SkyTeam lainnya ketika Garuda Indonesia efektif bergabung pada tahun 2014. Prediksi waktu transfer domestik adalah 30 menit untuk domestik dan tidak lebih dari 45 menit untuk penumpang internasional. Saat ini Sky Team memiliki 12 anggota, tetapi tidak semua dari mereka telah terbang ke Indonesia.

Tahap pertama dari terminal 3, yang terdiri dari yang pertama dari 2 tahap pengembangan yang direncanakan, dibuka pada tanggal
15 April 2009; 10 tahun lalu.
Terminal ini mengadopsi desain yang berbeda dari terminal 1 dan 2, yaitu dengan menggunakan konsep eco-friendly dan modern. Terminal 3 ini berada di sebelah timur Terminal 2. Saat ini, Terminal 3 menjadi pangkalan bagi Air Asia, Mandala Airlines, dan Lion Air. Dengan kapasitas 4 juta penumpang per tahun, Terminal 3 sekarang memiliki 30 gerai lapor-masuk, 6 pengklaiman bagasi, dan 3 gerbang. Pengembangan Terminal 3 akan dirancang berbentuk ‘U’ dengan kapasitas total 25 juta penumpang per tahun.

Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Terminal 3 telah resmi dibuka untuk penerbangan internasional pada tanggal 15 November 2011 ketika Indonesia AirAsia mulai menggunakan Terminal 3, karena itu ini telah menjadi basis baru untuk penerbangan internasional bersama-sama dengan penerbangan AirAsia domestik dan internasional. Transfer antar Terminal akan diminimalkan. Lion Air memulai menggunakan Terminal 3 ini terhitung sejak tanggal 30 Maret 2012, sejumlah rute yang akan dilayani dari Terminal 3 oleh Lion Air yaitu Jakarta menuju Denpasar, Bima, Tambolaka, Maumere, Ende, dan Labuan Bajo. perpindahan sebagian penerbangan tersebut disebabkan adanya permintaan dari penumpang Lion Air. Sementara, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pemilik sarana bandara, akhirnya mengizinkan Lion Air menempati Terminal 3. Pada tanggal 9 Agustus 2016 pukul 00.00 Terminal 3 Ultimate dibuka. Seluruh penerbangan Garuda Indonesia baik Keberangkatan maupun Kedatangan Domestik dipindah operasionalnya dari Terminal 2 ke Terminal 3.

Terminal 3 dilengkapi dengan BHS level 5 untuk mendeteksi bom, sebuah Airport Security System (ASS) yang dapat mengendalikan hingga 600 CCTV untuk mendeteksi wajah-wajah yang tersedia di register keamanan, Intelligence Building Management System (IBMS) yang dapat mengendalikan penggunaan Air dan listrik (ecogreen), sistem air hujan untuk menghasilkan air bersih dari hujan, sistem air daur ulang untuk menghasilkan air toilet dari air toilet bekas, dan kontrol teknologi iluminasi untuk menerangi terminal tergantung pada cuaca di sekitar terminal. Terminal 3 akan bisa melayani 60 pesawat dari 40 pesawat saat ini.

Terminal 4

Rencananya, Terminal 4 akan berada di utara Terminal 3, dan berada sebelah timur-laut Terminal 2 yang masih berada di sebelah utara bandara. Terminal 4 akan dibangun pada tahap ke-4. Terminal ini akan dirancang berbentuk ‘H’ dan menggunakan desain eco-friendly dan modern, sama seperti desain Terminal 3. Pembangunan Terminal 4 akan dimulai pada tahun 2021 dengan diawali dengan pembebasan lahan di sekitar wilayah utara bandara.

Terminal Kargo

Terminal kargo terletak di sisi timur Terminal 1. Terminal ini digunakan untuk menangani kargo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, baik kargo domestik maupun kargo internasional. Dalam perencanaannya yang terbaru, Terminal Kargo akan dipindahkan ke sisi barat Terminal 2 dengan kapasitas yang lebih besar dari kapasitas Terminal Kargo yang sekarang ini.

Penyewaan Mobil Utama Rental Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Rental Utama mobil Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, sewa mobil, atau agen menyewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat, umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu. Sering diatur dengan banyak cabang lokal (yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan kendaraan ke lokasi yang berbeda), dan terutama terletak di dekat bandara atau daerah kota yang sibuk dan sering dilengkapi dengan situs web yang memungkinkan pemesanan online.

Agen penyewaan mobil terutama melayani orang-orang yang membutuhkan kendaraan sementara, misalnya, mereka yang tidak memiliki mobil sendiri, pelancong yang berada di luar kota, atau pemilik kendaraan yang rusak atau hancur yang sedang menunggu perbaikan atau kompensasi asuransi . Agen penyewaan mobil juga dapat melayani kebutuhan industri yang bergerak sendiri, dengan menyewa van atau truk, dan di pasar tertentu, jenis kendaraan lain seperti sepeda motor atau skuter juga dapat ditawarkan.

Di samping penyewaan dasar kendaraan, agen penyewaan mobil biasanya juga menawarkan produk tambahan seperti asuransi, sistem navigasi global positioning system (GPS), sistem hiburan, ponsel, WiFi portabel dan kursi keselamatan anak.

Sejarah

Salah satu contoh mobil-mobil yang ditawarkan untuk penyewaan berawal pada tahun 1906. Perusahaan Jerman Sixt didirikan pada tahun 1912 dibawah nama Sixt Autofahrten und Selbstfahrer (Sixt Car Cruises and Self Drivers).Joe Saunders dari Omaha, Nebraska awalnya memulai dengan meminjam Ford Model T pada tahun 1916, namun di tahun 1917, perusahaan Ford Livery sedang menyewakan 18 Model T seharga 10 sen per mil. Nama perusahaan menjadi Saunders Drive-It-Yourself System dan kemudian Saunders System. Pada 1926, Saunders diperluas ke 56 kota. Perusahaan Saunders dibeli oleh Avis pada tahun 1955.

Pesaing awal Saunders adalah Walter L. Jacobs, yang memiliki Rent-a-Car yang berbasis di Chicago dibuka pada tahun 1918 dengan dua belas Ford Model T. Perusahaan dibeli oleh John Hertz pada tahun 1923.

Di Inggris, penyewaan mobil dimulai dengan Godfrey Davis, didirikan pada tahun 1920, dan dibeli oleh Europcar pada tahun 1981.

Sektor itu diperluas secara cepat di AS; pada tahun 1926, American Driveurself Association mengumpulkan lebih dari 1200 delegasi di Chicago.

Pertumbuhan di perjalanan pasca Perang Dunia kedua menyebabkan pendirian beberapa perusahaan internasional terkenal, termasuk National Car Rental (1947), Europcar (1949), Enterprise Rent-A-Car (1957), Thrifty Rent A Car (1958), dan Budget Rent a Car (1958) .

Bisnis Model

Perusahaan sewa mobil beroperasi dengan membeli atau menyewa sejumlah kendaraan armada dan menyewa kepada pelanggan untuk biaya. Armada rental bisa distrukturkan dalam berbagai cara-mereka dapat dimiliki secara langsung (ini dikenal sebagai ‘kendaraan berisiko’ karena operator penyewaan mobil mengambil risiko pada berapa banyak kendaraan akan dijual ketika dihapus dari layanan), mereka dapat disewa, atau mereka dapat dimiliki di bawah program pembelian kembali yang dijamin yang diatur langsung melalui pabrik atau cabang keuangan pabrik (ini dikenal sebagai ‘kendaraan pembelian kembali’ karena produsen menguraikan harga pasti penjualan asli dan pembelian kembali pada akhir jangka waktu tertentu). [5]

Di Inggris, pendaftaran sewa mobil bisa disembunyikan dengan menggunakan inisial atau anak perusahaan yang tidak dikenal, di mana bisa meningkatkan harga jual kembali lewat manufaktur atau dealer pihak ketiga. Di Amerika Utara, ini sangat umum untuk melihat perusahaan rental dengan dealer mobil bekas mereka sendiri di mana stok bekas sewa dijual langsung ke publik. Atau, lelang sering digunakan di Amerika Serikat dan dengan munculnya platform digital, mobil sewaan semakin banyak menjual kendaraan langsung ke dealer mobil baru dan bekas melewati saluran lelang.

Jenis-jenis kendaraan Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Sebagian besar kantor penyewaan mobil menawarkan berbagai ukuran kendaraan yang sesuai dengan berbagai anggaran dan persyaratan ruang dan beberapa juga menawarkan kendaraan khusus yang sesuai dengan lokasinya seperti convertible, model prestise, kendaraan hybrid / listrik, atau SUV dan van penumpang. Di bandara besar atau di kota-kota besar, beberapa agen penyewaan mobil mandiri menawarkan kendaraan mewah untuk disewakan. Beberapa perusahaan khusus menawarkan kendaraan yang lebih tua dengan harga lebih murah.

Untuk memungkinkan klasifikasi yang seragam dan perbandingan yang mudah dari harga sewa mobil, Asosiasi Sistem dan Standar Industri Penyewaan Mobil (ACRISS) telah mengembangkan sistem pengkodean Kode Klasifikasi Mobil ACRISS. Ini menjelaskan ukuran, jumlah pintu, jenis transmisi (manual / otomatis), dan apakah mobil ber-AC, dikodekan menjadi empat huruf. Huruf pertama dalam Kode Acriss mewakili klasifikasi umum kendaraan (mis. Mini, Economy, Compact, dll.). Huruf kedua menentukan varian kendaraan yang ditawarkan (mis. 4 Door, Estate, Convertible, SUV, dll.). Huruf ketiga umumnya digunakan untuk menentukan jenis transmisi, meskipun juga dapat digunakan untuk menggambarkan berapa banyak roda yang menggerakkan kendaraan, dan huruf keempat menggambarkan jenis bahan bakar dan apakah kendaraan memiliki AC atau tidak.

Klasifikasi tambahan berdasarkan nomor tempat duduk dan volume bagasi juga ditetapkan oleh asosiasi Belgian Rent a Car untuk menyediakan sistem terpadu untuk menilai jenis mobil dalam sistem reservasi online dan sistem distribusi global maskapai.

Persyaratan Rental Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

Penyewaan mobil tunduk pada banyak kondisi yang bervariasi dari satu negara ke negara lain atau dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Secara umum kendaraan harus dikembalikan dalam kondisi yang sama seperti saat awal sewa, dan sering kali tidak boleh melebihi batasan jarak tempuh atau waktu yang ditentukan, jika tidak, biaya tambahan mungkin dikenakan.

Untuk alasan asuransi, beberapa perusahaan menetapkan usia sewa minimum dan/atau maksimum. Di beberapa kasus, usia minimum untuk rental bisa sampai 25 tahun, bahkan di negara-negara di mana usia legal minimum untuk memegang SIM bisa lebih rendah, contoh: 14,15, 16 atau 17 di Amerika Serikat. Tidak umum bagi seseorang menjadi biaya tambahan pengemudi muda bagi pengemudi berusia dibawah 25 tahun.

Pada semua kasus, SIM masih berlaku diperlukan untuk menyewa kendaraan, dan beberapa negara memerlukan International Driving Permit (IDP).

Mayoritas perusahan memerlukan penggunaan kartu kredit akan dikenakan biaya tambahan bilamana cacat ditemukan pada mobil saat pengembalian atau selesai sewa, yang disebabkan oleh pengendara atau karena kelalaian. Sebagai pengganti kartu kredit, beberapa perusahaan rental memerlukan setoran tunai besar. Beberapa perusahaan mengizinkan kartu debit untuk deposit, biasanya dengan bukti tiket perjalanan pulang pergi, mis: tiket pesawat, bus, atau kereta api.

Asuransi/keringanan

Meskipun sering tidak secara eksplisit dinyatakan, perusahaan penyewaan mobil AS diharuskan oleh hukum negara bagian masing-masing untuk memberikan pertanggungan kewajiban minimum, kecuali di California dan Arizona, di mana pengemudi bertanggung jawab penuh. Ini mencakup biaya kepada pihak ketiga jika terjadi kecelakaan. [7] Di sebagian besar negara bagian, mengemudi mobil tanpa perlindungan pertanggungan adalah ilegal. Perusahaan penyewaan mobil memelihara asuransi pertanggung jawaban atas kendaraan mereka; namun, beberapa perusahaan akan mengenakan biaya untuk ini, seandainya Anda tidak menyediakan asuransi sendiri. Sebagai contoh, di Maryland, tingkat pertanggungan pertanggungan minimal adalah $ 20.000 untuk cedera tubuh dan $ 15.000 untuk kerusakan properti.

Biasanya, ketika menyewa mobil, ditawarkan berbagai bentuk asuransi tambahan dan / atau ganti rugi kerusakan sebagai tambahan opsional dengan biaya tambahan.

Ada beberapa jenis cakupan:
  • [Damage_waiver Loss Damage Waiver] (LDW) – mencakup biaya kerusakan pada kendaraan sewaan, hingga nilai penuh kendaraan, jika terjadi kecelakaan. Biasanya LDW mencakup 100% biaya tanpa biaya tambahan yang dapat dikurangkan. Perhatikan bahwa cakupan LDW / CDW bukan asuransi dan tidak menawarkan produk cakupan yang sama dengan polis asuransi kerusakan.
  • Damage_waiver Collision Damage Waiver] (CDW) – Umumnya mencakup biaya kerusakan akibat kecelakaan yang bergerak. Seperti namanya, kerusakan berbasis non-tabrakan sering tidak ditanggung. Dalam banyak kasus, jika terjadi kecelakaan, biaya atau pengurangan berlaku.
  • Asuransi Tunjangan Tambahan (SLI) – produk yang sering dijual di AS yang memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan cedera tubuh atau kerusakan properti kepada orang lain selain penyewa dan penumpang.
  • Personal Accident Insurance (PAI) – mencakup biaya medis dan kematian karena kecelakaan untuk penyewa dan penumpang jika terjadi kecelakaan selama sewa.
  • Personal Effects Coverage (PEC) – mengasuransikan risiko kehilangan atau kerusakan barang-barang pribadi penyewa (dan kadang-kadang anggota keluarga penyewa saat bepergian dengan penyewa) selama periode sewa.

Di AS, penjualan produk asuransi supplemental/keringanan bisa diregulasi oleh masing-masing departemen asuransi negara bagian, dan lisensi khusus terbatas bisa diperlukan oleh perusahaan rental untuk menjualnya. Cakupan spesifik yang ditawarkan dapat berbeda secara substansial, tergantung pada negara bagian atau negara tempat mobil tersebut disewa.

Manfaat Menyewa Mobil di Utama Rental Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta

MENCEGAH STRES DAN KELELAHAN

Mengingat liburan adalah momen yang harus dinikmati dengan rileks, maka menyewa mobil memastikan Anda dapat menikmati perjalanan tanpa dipusingkan kondisi lalulintas Jakarta. Anda pun dapat memanfaatkan waktu untuk beristirahat, sehingga bisa sampai di tempat tujuan dengan kondisi tubuh prima dan suasana hati yang baik.

MEMAKSIMALKAN PERJALANAN.

Anda dijamin puas mengunjungi banyak tempat populer. Alasannya, perjalanan menjadi lebih efektif karena sopir berpengalaman biasanya tahu mengenai kondisi kota dan jalur alternatif yang tidak terkena macet. Hal ini tentu sangat cocok bagi Anda yang melakukan liburan singkat.

FLEKSIBEL MENENTUKAN DESTINASI WISATA

Mau bersantai di tempat wisata atau berbelanja di berbagai mal seharian? Atur saja rencana perjalanan sesuai keinginan Anda. Biasanya, sopir akan siap mengantar ke mana saja tanpa terikat waktu atau jadwal kegiatan. Bahkan, Anda bisa bebas berhenti untuk sekadar menikmati aneka jajanan kaki lima yang ditemui di pinggir jalan.

SEMAKIN BANYAK MAKIN MURAH

Bayangkan jika Anda pergi liburan sekeluarga atau bersama teman, tentu harga rental mobil jauh lebih hemat karena patungan. Anda dan rombongan pun akhirnya dapat berwisata dengan tenang tanpa khawatir kondisi keuangan mendadak “bangkrut”.

Oleh karena itu, temukan rental mobil terpercaya dengan tarif terjangkau di Utama Rental Mobil Tangerang Murah . Selain menawarkan pilihan mobil yang lengkap dari penyedia terverifikasi, proses pemesanan di situs web mudah, cepat, dan aman. Anda bahkan dapat membandingkan harga dan paket antarpenyedia dalam satu waktu dengan lebih leluasa.

TIDAK REPOT

Terakhir, keuntungan menggunakan mobil di utama rental adalah bebas repot. Karena segala kerusakan, kehilangan, atau kecelakaan yang terjadi di tengah perjalanan bukanlah tanggung jawab Anda, melainkan supir dan penyedia mobil yang Anda sewa. Bahkan, saat terjadi masalah pada mobil, liburan tak akan terganggu karena penyedia akan menggantinya dengan kendaraan baru.

Demi liburan seru di Jakarta, menggunakan jasa rental mobil tangerang murah adalah pilihan terbaik. Apalagi faktanya, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menyewa mobil setiap kali Anda mengunjungi Kota Tangerang!

ARMADA PILIHAN KENDARAAN UTAMA RENTAL MOBIL

Untuk memenuhi kebutuhan kendaraan, kami menyiapkan armada siap pakai, terawat, bersih dan selalu memakai mobil keluaran terbaru. Antara keluaran tahun 2016-2019 dengan merek ternama yang sudah teruji kwalitasnya. Dari mobil Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, Innova, Elf, dan Bus Pariwisata. Rental Mobil Tangerang salah satu yang sangat diminati salah satunya unuk keperluan mobil pengantin atau wedding car.

Sewa Kendaraan di Kota Tangerang termasuk yang paling banyak dibutuhkan, mengingat wilayah Tangerang termasuk wilayah yang paling banyak terdapat perumahan mewah, apartement, pusat bisnis dan tempat perbelanjaan,tapi rental mobil tangerang murah pun kami siap untuk menjangkau semua lapisan masyarakat.

Harga Sewa Rental Utama Mobil

Harga Sewa Mobil Rental Tangerang Murah yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp 250.000 untuk paket 6 jam penyewa sudah bisa sewa unit kendaraan untuk di Kota Tangerang. Sedangkan untuk city tour seperti ke Monas dan Ancol paket sewa kendaraan minimal rental 12 jam dengan harga mulai dari Rp 350.000. Kebutuhan paket rental mobil tangerang murah 24 jam bisa dipesan secara custom dengan menghubungi customer support kami. Untuk rental mobil dari Tangerang ke Bandung atau sebaliknya, Utama Rental menyediakan layanan tersebut. Untuk harga drop off ke Bandung tergantung dari tujuan penyewaan.

Kami bisa menjakau layanan di jabodetabek

ALL UNIT MOBIL

Unit utama rental mobil murah terdiri dari :

UNTUK INFORMASI HARGA KLIK DISINI

untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi utamarentalmobil.com dan hubungi kontak kami.

WHATSAPP / CALL US

Baca Juga Wilayah Rental Utama Dibawah ini :

Bintaro Jaya

Bintaro Jaya adalah suatu kota mandiri yang dikembangkan PT. Jaya Real Property (dahulu PT Bintaro Jaya). Kota ini dibangun pertama kali pada tahun 1979. Wilayah ini semakin populer dengan tuntasnya proyek Jalan Tol Ulujami-Serpong. Kota mandiri ini pertama dikembangkan di Kota Jakarta Selatan dan meluas ke Kota Tangerang Selatan. Kini luasnya telah mencapai 1000 hektar. Nama Bintaro diambil dari nama Kelurahan Bintaro yang

Bintaro JayaSelengkapnya »

Poris Plawad Cipondoh Tangerang

PORIS PLAWAD CIPONDOH TANGERANG adalah kelurahan yang berada di kecamatanCipondoh, Kota Tangerang, Banten, Indonesia. Kelurahan ini terdiri atas rukun tetangga dan rukun warga. Di kelurahan ini terdapat terminal bus Poris Plawad. Trayek bus kota/angkot dari Terminal Bus Poris Plawad CIPONDOH TANGERANG Angkot B02 ke CBD Ciledug (via Tangcity Mall – Cipondoh) Angkot B02A ke CBD Ciledug (via Kebon Nanas – Cipete) Angkot B04 ke Stasiun Rawa Buntu Angkot R01 ke …

Poris Plawad Cipondoh TangerangSelengkapnya »

Jakarta Pusat

Kota Administrasi Jakarta Pusat adalah nama sebuah kota administrasi di pusat Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pusat Pemerintahannya berada Menteng. Di sebelah utara Jakarta Pusat berbatasan dengan Jakarta Utara, di sebelah timur dengan Jakarta Timur, di sebelah selatan dengan Jakarta Selatan dan di sebelah barat dengan Jakarta Barat. Jakarta Pusat adalah administrasi terkecil Provinsi DKI Jakarta. Pada zaman Hindia Belanda disebut Batavia Centrum. Dewan Perwakilan DPRD Provinsi DKI Jakarta memiliki …

Jakarta PusatSelengkapnya »

Jakarta Utara

Kota Administrasi Jakarta Utara adalah nama sebuah kota administrasi di bagian utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pusat Pemerintahannya berada di Koja. Di sebelah utara Jakarta Utara berbatasan dengan Laut Jawa, di sebelah timur dengan Bekasi, di sebelah selatan dengan Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Di sebelah barat Jakarta Utara berbatasan dengan Tangerang Di Jakarta Utara terletak PelabuhanTanjung Priok, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Balaikota lama kota Batavia yang sekarang disebut MuseumSejarah Jakarta. Batas Wilayah …

Jakarta UtaraSelengkapnya »

Jakarta Barat

Kota Administrasi Jakarta Barat adalah salah satu dari 5 kota administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pusat Pemerintahannya berada di Kembangan. Jakarta Barat secara administratif terbagi menjadi 8 kecamatan dan 56 kelurahan. Sejarah Jakarta Barat terkenal dengan peninggalan masa kolonial Belanda seperti Gedung Balai Kota (kini menjadi Museum Sejarah), kawasan Pecinan (Glodok) dan juga sejumlah mesjid tua serta benteng-benteng pertahanan masa awal pendudukan Belanda di Batavia. Dewan Perwakilan Jakarta Barat …

Jakarta BaratSelengkapnya »

Serpong Tangerang Selatan

Serpong adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia. Sebelum Kota Tangerang Selatan menjadi kota otonom, Serpong merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Tangerang. Di kecamatan ini terletak kota terencana ternama yang bernama Bumi Serpong Damai atau seringkali disingkat dengan “BSD” (kini disebut sebagai BSD City), yang merupakan salah satu perintis perumahan di Serpong. Selain BSD saat ini perkembangan perumahan di kawasan ini sangat pesat seiring …

Serpong Tangerang SelatanSelengkapnya »

Rental Mobil Graha Raya

Rental Mobil Perumahan Graha Raya adalah kompleks hunian untuk kelas menengah ke atas yang berlokasi di daerah Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Lokasi kompleks ini terletak di perbatasan segitiga emas di Kota Tangerang Selatan dan sebagian Kota Tangerang yakni Bintaro, Serpong dan Ciledug, serta berbatasan langsung dengan perumahan Alam Sutera. Perumahan ini pertama kali dibangun pada tahun 1990-an dengan nama Kebayoran Regency yang dikembangkan oleh PT Panca Muara Jaya, milik …

Rental Mobil Graha RayaSelengkapnya »

Cipondoh Tangerang

CIPONDOH TANGERANG adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia. Di kecamatan ini terdapat objek wisata Situ Cipondoh dan terminal bus Poris Plawad. Cipondoh merupakan kecamatan yang memiliki lokasi terdekat ke Kota Jakarta Barat. Daftar isi CIPONDOH TANGERANG 1Batas wilayah 2Kelurahan 3Objek wisata 4Stasiun kereta api 5Terminal bus 6Transportasi umum 7Rujukan Batas wilayah CIPONDOH TANGERANG Utara Kecamatan Batuceper dan Kecamatan Kalideres Timur Kecamatan Cengkareng Selatan Kecamatan Pinang dan Kecamatan …

Cipondoh TangerangSelengkapnya »

Cikokol Tangerang

Cikokol adalah kelurahan yang berada di kecamatanTangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia. Kelurahan ini terdiri atas 66 rukun tetangga dan 13 rukun warga. Angkutan umum CIKOKOL TANGERANG Angkot B01 Poris Plawad–Cikokol-Cengkareng Angkot B02 Poris Plawad–Cikokol–Ciledug Angkot C06A Poris Plawad–Cikokol–Ciledug via Cipete Angkot B04 Poris Plawad–Cikokol–BSD City Angkot B07 Kalideres-Cikokol–Serpong Angkot B09 Poris Plawad–Cikokol-Dadap Angkot R03A Poris Plawad–Cikokol-Pasar Anyar-Serpong Angkot R06A Poris Plawad–Cikokol-Bojong Nangka Angkot G08 Poris Plawad–Cikokol-Sangiang-Gembor Angkot T07 Poris Plawad-Pasar Anyar-Cikokol Angkot R11 Poris Plawad-Pasar Anyar-Cikokol-Perumnas …

Cikokol TangerangSelengkapnya »

Ciledug Tangerang

CILEDUG TANGERANG adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia. Selain itu, Ciledug juga merupakan pusat industri hijab/jilbab yang terbesar di Indonesia. Kecamatan Ciledug Tangerang dan sekitarnya banyak terdapat pabrik tekstil terkemuka seperti: PT. Kahatex, Pt. Dewhirst, PT.Vonex, PT. Sunson, dan masih banyak lagi. Pabrik ini memproduksi dan memproses bahan tekstil mulai dari bahan mentah sampai menjadi benang dan …

Ciledug TangerangSelengkapnya »

Karawaci Tangerang

KARAWACI TANGERANG adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia. Kecamatan ini terdapat di perumahan Lippo Village (masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang). Daerah Karawaci adalah bekas tanah partikulir milik Oei Dji San, Kapitein der Chinezen (“Kapitan Cina”) dan landheer (“tuan tanah”) Karawaci. Dahulu kecamatan ini dikenal dengan nama Kecamatan Cimone. Daftar isi KARAWACI TANGERANG 1Batas wilayah 2Kelurahan 3Angkutan umum 4Rujukan Batas wilayah Utara Kecamatan Periuk dan Kecamatan Neglasari Timur …

Karawaci TangerangSelengkapnya »

Bumi Serpong Damai ( BSD )

Bumi Serpong Damai (BSD) atau BSD City (IDX: BSDE) adalah salah satu kota terencana di Indonesia yang terletak di kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Kota ini diresmikan pada 16 Januari 1984. BSD City merupakan salah satu kota satelit dari Jakarta yang pada awalnya ditujukan untuk menjadi kota mandiri, di mana semua fasilitas disediakan di kota tersebut termasuk kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, sekaligus perumahan. Perencananya adalah Pasific Consultant International, Japan City Planning Inc, Nihon Architect Engineer and Consultant Inc, dan Doxiadis; …

Bumi Serpong Damai ( BSD )Selengkapnya »

Jakarta Timur

Kota Administrasi Jakarta Timur adalah nama sebuah kota administrasi di bagian timur Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pusat Pemerintahannya berada di Cakung. Di sebelah utara, ia berbatasan dengan kota administrasi Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Sedangkan di sebelah timur, ia berbatasan dengan Bekasi. Kota ini, di bagian selatan, berbatasan dengan Kota Depok. Dan di sebelah barat, ia berbatasan dengan kota administrasi Jakarta Selatan. Geografi Jakarta Timur Dahulu Jakarta Timur masih berupa rawa-rawa. …

Jakarta TimurSelengkapnya »

23 komentar untuk “Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta”

  1. Ping-kembali: Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma | Sewa Mobil Murah

  2. Ping-kembali: KOTA TANGERANG SELATAN | Sewa Mobil Murah

  3. Ping-kembali: BINTARO JAYA | Sewa Mobil Murah Utama Rental Bintaro Jaya

  4. Ping-kembali: PORIS PLAWAD CIPONDOH TANGERANG | Sewa Mobil Murah

  5. Ping-kembali: CIKOKOL TANGERANG | Sewa Mobil Murah CIKOKOL TANGERANG

  6. Ping-kembali: CIPONDOH TANGERANG | Sewa Mobil Murah Utama rental mobil

  7. Ping-kembali: CILEDUG TANGERANG | Sewa Mobil Murah CILEDUG TANGERANG

  8. Ping-kembali: KARAWACI TANGERANG | Sewa Mobil Murah KARAWACI TANGERANG

  9. Ping-kembali: SERPONG TANGERANG SELATAN | Sewa Mobil Murah

  10. Ping-kembali: BUMI SERPONG DAMAI ( BSD ) | Sewa Mobil Murah TANGERANG

  11. Ping-kembali: WULING MOTORS | Sewa Mobil Murah Wuling Motors Tangerang

  12. Ping-kembali: TOYOTA YARIS | Sewa Mobil Murah Utama Rental Mobil

  13. Ping-kembali: MITSUBISHI PAJERO | Sewa Mobil Murah Utama Rental Mobil

  14. Ping-kembali: TOYOTA FORTUNER | Sewa Mobil Murah Utama Rental

  15. Ping-kembali: RENTAL BOGOR MURAH | Sewa Mobil Murah dan pelayanan terbaik

  16. Ping-kembali: MOBIL AVANZA | Sewa Mobil Murah Toyota Avanza dan Lainnya

  17. Ping-kembali: MOBIL KIJANG INNOVA | Sewa Mobil Murah Kijang Innova

  18. Ping-kembali: HONDA MOBILIO | Sewa Mobil Murah HONDA MOBILIO JAKARTA murah

  19. Ping-kembali: RENTAL TOYOTA FORTUNER | Sewa Mobil Murah Utama Rental

  20. Ping-kembali: Toyota Agya Utama Rental | Sewa Mobil Murah Utama Rental

  21. Ping-kembali: Rental Mobil Tangerang Murah | Sewa Mobil Murah Terbaik

  22. Ping-kembali: Rental Mobil Jakarta Murah | Sewa Mobil Murah jakarta dan sekitarnya

  23. Ping-kembali: Rental Mobil Bandung Murah | Sewa Mobil Murah Utama Rental Bandung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *